Home / Internasional / Doakan Razan Najjar dan Palestina
Razan Najjar

Doakan Razan Najjar dan Palestina

Razan Najjar. Perawat muda berusia 21 tahun, tanggal 1 Juni lalu gugur ditembak tentara Israel saat hendak menolong seorang demonstran Gaza yang terluka. Beberapa pekan sebelum gugur, wartawan NYT sempat mewawancarai Razan. Antara lain ia berkata “Kami ingin menyampaikan pesan kepada dunia..bahwa tanpa senjata pun kami bisa melakukan apapun.” Berikut ini rekaman wawancaranya (dengan terjemahan Bahasa Indonesia).

Razan Najjar hanya seorang gadis muda. Dia hanya membantu saudara-saudaranya yang terluka. Bukankah petugas medis harus dilindungi berdasarkan hukum International?!

Memang mudah saja untuk memberi pembelaan pada pembunuh “Gadis itu tertembak tanpa sengaja, karena dia berada di dalam kerumunan perusuh yang membahayakan keamanan!” atau “Gadis itu terindikasi melawan aparat keamanan!” atau bahkan “Razan diketahui berafiliasi pada teroris Hamas!”. Banyak alasan yang bisa dikemukakan untuk membenarkan pembunuhan itu, tapi pembunuhan terhadap rakyat sipil, petugas medis pula, tetap pembunuhan. Razan merupakan korban ke 119, sejak demo Maret lalu.

Beberapa saksi mata menuturkan bahwa Razan mendekati pagar pengaman dengan tangan terangkat, untuk menunjukkan kepada tentara Israel bahwa ia bukan ancaman dan tidak bersenjata. Tapi toh IDF menghantam Razan hingga gugur.

Razan mendekati pagar dengan maksud untuk mengevakuasi pengunjuk rasa yang berbaring terluka di sisi pagar. Tak lama kemudian peluru jahanam IDF menghantam dadanya hingga tembus ke belakang. Gugur sudah gadis cantik bersuara damai.

IDF beralasan, HAMAS lah yang secara sistimatis dan terencana menempatkan rakyat sipil dalam bahaya.

Jumat yang lalu AS memveto resolusi DK-PBB yang mengutuk Israel atas menggunaan senjata secara “berlebihan, tidak proporsional dan sembrono”. PBB tidak melakukan tindakan cukup untuk menghentikan pembantaian terhadap demonstran.

Semoga semangat Razan Najjar terus menggelora untuk menyuarakan kemerdekaan Palestina dengan damai tanpa senjata. Doa kami untuk mu Razan Najjar, berbahagialah dalam damai abadi. Amin. (Winardi FI)

About Anti Media

Kami mencoba membebaskan pikiran Anda. Tapi kami hanya menunjukkan pintunya. Anda sendiri yang harus berjalan melaluinya.

Check Also

Mengapa Daesh Tidak Pernah Menyerang Israel

Mengapa Daesh Tidak Pernah Menyerang Israel?

Mengapa Daesh Tidak Pernah Menyerang Israel? Pertanyaan yang sebenarnya sedikit ‘keliru’. Lebih tepatnya, mengapa mereka …