Home / Nasehat / Hasil Kerja Jokowi Berasal dari Pengorbanan
Pengorbanan

Hasil Kerja Jokowi Berasal dari Pengorbanan

Pengorbanan. ( Revolusi Mental). Mungkin tidak semua orang menyadari apa yang dialami oleh ribuan pabrik dan pengusaha pada bulan juni. Dalam Bulan ini efektif kerja hanya 10 hari. Jumlah hari cuti bersama Lebaran 2018 tidak berubah, yakni sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri yang diteken pada 18 April 2018. Dalam SKB itu diputuskan cuti bersama sebanyak tujuh hari, sehingga total libur Lebaran menjadi 10 hari pada 11-20 Juni 2018. Ini tidak termasuk hari libur nasional lainnya dan hari kejepit. Banyak komitmen shipment ekspor tertunda. Banyak penyelesaiaan pembayaran utang dan bunga tertunda karena sejak tanggal 9 juni bank sudah tutup. Maklum bulan juni adalah bulan pembayaran bunga untuk Global bond. Disamping itu pengusaha harus membayar THR bagi karyawannya. Tidak melihat apakah dia islam atau non islam. Semua kebagian THR. Sama dengan natal dan tahun baru.

Pemerintah memang sudah mengantisipasi libur panjang ini agar tidak menimbulkan masalah dalam hal pelayanan umum. Namun bagaimanapun tidak akan efektif melancarkan aktifitas ekspor impor, distribusi, perbankan. Setidaknya walau tidak stuck namun jelas melambat semua aktifitas. Walau sebagian Pengusaha mengeluah namun lebih banyak bisa menerima kebijakan Pemerintah, yang mungkin hanya di era Jokowi kali ini libur bersama terpanjang pernah dilakukan. Sebagian teman pengusaha mengatakan bahwa tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 untuk pegawai negeri Sipil (PNS), anggota TNI dan Polri serta pensiunan yang jumlahnya lebih besar yang dibayarkan pemerintah dari tahun sebelumnya. Libur dan THR itu cara smart Jokowi untuk menggerakan sektor pariwisata dan eceran.

Diperkirakan 16 juta orang akan pulang mudik. Ini akan menimbulkan belanja besar. Imbas ramainya orang ke lokasi wisata bukan hanya menguntungkan buat pengelola area wisata, tetapi juga bisnis penginapan, kuliner, ekonomi kreatif, hingga agen perjalanan. Multiplier effect bagi kesejahteraan dan peningkatan ekonomi nasional sangat significant. Suplai uang ke publik secara langsung lewat APBN untuk PNS sebesar Rp 35,7 triliun. Ini tidak termasuk spending pihak perusahaan swasta dan BUMN kepada karyawan dan buruhnya. BI memperkirakan uang beredar bulan juni ini akan mencapai Rp. 188,3 triliun. Ini bukan jumlah kecil.

Walau sebagian anggota DPR menilai bahwa spending pemerintah ini sebagai bentuk pencitraan menjelang pemilu namun itu tidak beralasan. Karena anggaran untuk spending menjelang lebaran dalam bentuk THR sudah masuk dalam mata anggaran APBN yang mana DPR sudah setujui. Kalau DPR masih juga ngeyel sebetulnya mereka tidak bekerja sebagaimana mestinya atau tidak mengerti bagaimana APBN disusun. Mungkin waktu rapat mereka bolos atau tidur. Yang jelas dan tidak bisa dipungkiri bahwa akan ada 16 juta orang menikmati layanan infrastruktur jalan darat, laut, udara dengan nyaman dan ini sekaligus membuktikan kepada rakyat hasil kerja Pemerintahan Jokowi…Itu dicapai tidak dengan mudah. Tetapi hasil kerja keras dan pengorbanan dari pemerintah dan dunia usaha. Untuk indonesia lebih baik.

Jadi, jangan dengar dan baca berita hoax, Lihat dan rasakan sendiri bukti kinerja Jokowi.” memang semakin sakit gigi oposan. (Bandaro EJ)

About Anti Media

Kami mencoba membebaskan pikiran Anda. Tapi kami hanya menunjukkan pintunya. Anda sendiri yang harus berjalan melaluinya.

Check Also

Berpikir Terbuka

Menjadi Orang yang Berpikir Terbuka

Berpikir terbuka. ( Revolusi mental ). Semua tahu parasut. Itu alat agar orang bisa selamat …