Home / Politik / Katanya Sih Tidak Mendukung Terorisme
Katanya Sih Tidak Mendukung Terorisme

Katanya Sih Tidak Mendukung Terorisme

Katanya sih tidak mendukung terorisme. Tapi setiap kali ada kasus penindakan terhadap teroris, ada saja orang yang membandingkannya dengan OPM Papua. Mereka membuat skenario delusional seperti ini. “Polisi hanya menyebut teroris kepada kelompok bersenjata dari kalangan Islam. Sedangkan kalau dari kalangan Kristen seperti di Papua itu tidak disebut teroris.”

Bukan orang awam saja yang berpikir begini. Dulu kawan saya, doktor lulusan Jepang yang jadi dosen di UGM juga berpikir begitu. Itu adalah logical fallacy. Ia membuat kesimpulan berdasar belief atau iman dia, lalu mengumpulkan fakta yang hanya mendukung kesimpulan itu.

Coba kita lihat faktanya dengan benar.

Gerakan bersenjata seperti OPM itu, meski juga melakukan teror dan membunuh orang, dalam pandangan politik dan teknis keamanan memang lebih sering disebut separatis, sesuai tujuan mereka yaitu hendak memisahkan wilayah mereka dari negara induknya. Mereka tidak disebut teroris bukan karena tidak beragama Islam. GAM di Aceh juga tidak disebut teroris, tapi disebut dengan nama sama yaitu separatis.

Perlakuan terhadap mereka juga berbeda. Pemerintah masih berharap untuk bisa berunding, memberikan apa yang mereka inginkan, sejauh masih bisa diamomodasi dalam wadah NKRI. Faktanya, GAM diajak berdamai, dan kini petingginya memegang kekuasaan sebagai Gubernur dan lain-lain. Padahal dulu mereka berperang melawan TNI/Polri. Ingat, mereka muslim.

Saran saya, mbok tobat sebagai orang dungu. (Abdurakhman H)

About Anti Media

Kami mencoba membebaskan pikiran Anda. Tapi kami hanya menunjukkan pintunya. Anda sendiri yang harus berjalan melaluinya.

Check Also

Oposisi Tidak Menjanjikan Apa Apa

Oposisi Tidak Menjanjikan Apa Apa

Oposisi Tidak Menjanjikan Apa Apa. Hal yang sulit dipahami adalah tidak pernah kubu oposisi memberikan …