Home / Sosial / Kebebasan Radikal vs Tirani-Tirani Bagian 3
Tirani Imperium Americanum

Kebebasan Radikal vs Tirani-Tirani Bagian 3

Spiritualitas Kebebasan Radikal vs Tirani-tirani (3). Tirani Imperium Americanum. Hari ini kita lihat satu lagi tirani, yang satu ini paling berbahaya dan berdaya rusak super tinggi.

Tirani Imperium Americanum

Imperium Americanum

Sengaja kali ini saya menggunakan kata bahasa Latin untuk mengingatkan pada sejarah panjang nan gilang-gemilang dari Imperium Romanum Barat (27 sM – 476 M) dan di Timur (330 M-1453 M) yang terkenal dengan wilayah yang maha luas dan semboyan Pax Romana nya. Kejayaan Imperium Romanum pada akhirnya toh tumbang juga. Jaman now Imperium Americanum lah yang menyamai Imperium Romanum, dalam banyak hal. Kesamaan itu mulai dari luasnya wilayah yang dipengaruhi/ditaklukkan, kekuatan militernya, juga tuntutannya untuk dihormati sebagai “Dominus et Deus” (dalam bentuk moderen sebagai pemegang kebenaran tunggal). Dunia terpesona oleh kemakmuran “Pax Americana”. Tetapi kegemilangan semu itu tidak bisa menghapus sejarah penderitaan banyak manusia yang membangunnya.

Fakta sejarah yang terabaikan: penderitaan

Ada fakta sejarah yang dicoba dilupakan atau diabaikan yaitu fakta bahwa Imperium Americanum dibangun atas fondasi penderitaan dan pembunuhan para budak kulit berwarna serta perang saudara. Banyak orang melupakan kenyataan sejarah ini. Sama seperti gemilangnya industrialisasi yang memakan banyak korban. Para budak dan buruh murah harus bekerja luar biasa keras dengan waktu kerja panjang, di lorong-lorong tambang dan di pabrik-pabrik besar. Penderitaan merekalah yang mendatangkan uang untuk menguasai dunia, menjadikan Imperium Americanum suatu kekuatan tak tertandingin saat ini.

Kekuasaan uang dan senjata.

Kelimpahan uang yang diperoleh dengan beragam cara, sungguh memenjara dunia. Tetapi hanya dengan uang Anda tidak bisa mendikte dunia. Jepang, misalnya, berlimpah uang tetapi tidak bisa memaksakan kehendaknya, karena Pasukan Bela Diri Jepang tidak memiliki senjata pemusnah massal skala besar. Senjata lah koentji nya. Maka untuk menguasai dunia Imperium Americanum membangun kekuatan senjata pemusnah massal dalam skala luar biasa. Saat ini, Imperium inilah satu2nya pemilik senjata terkuat tanpa tanding. Kekuatan militernya tersebar diseantero jagat ini. AS konon memiliki 800 pangkalan militer tersebar di sejumlah negara. Itulah yang membuat Amerika bisa mendiktekan kehendaknya pada dunia. Kebenaran Amerika Serikat harus diterima dunia. Ini dilakukan belakangan ini dengan gembar-gembor Globalisasi.

Ambiguitas Globalisasi

Dengan globalisasi dimaksudkan pada intinya adalah menduniakan suatu konsep atau kebijakan. Namun globalisasi yang terjadi saat ini tidak lebih dari menduniakan “kepentingan Imperium Americanum”. Semua kebijakan negara-negara sedunia dipaksa untuk melindungi kepentingan AS. Pemimpin negara atau pemimpin kelompok yang menolak melindungi kepentingan AS, dianggap sebagai musuh yang sah untuk dilenyapkan dari muka bumi. Ini bentuk nyata noe-kolonialisme. Itulah yang menimpa Moamar Khadafi dan Saddam Husein. AS saat ini sedang berupaya mendongkel Bashar Al- Assad dan pemimpin sah Iran serta Korea Utara. Mereka adalah anak-anak nakal yang perlu didisiplinkan, bila perlu dengan kekerasan. Jadi globalisasi akhirnya hanya memperkuat Imperium Americanum.

Sekian dulu. Selanjutnya kita lihat bagaimana Imperium ini akan tumbang. Selamat beristirahat. Salam damai selalu. Tuhan selalu menyertai kalian semua. (Winardi FI)

About Anti Media

Kami mencoba membebaskan pikiran Anda. Tapi kami hanya menunjukkan pintunya. Anda sendiri yang harus berjalan melaluinya.

Check Also

Spiritualitas Kebebasan Radikal vs Tirani-Tirani

Spiritualitas Kebebasan Radikal vs Tirani-Tirani

Spiritualitas Kebebasan Radikal vs Tirani-Tirani (1). Pendahuluan. Bro n Sis, saya bikin tulisan panjang, jadi …