Home / Sosial / Kesalahpahaman terhadap Hoax di Indonesia
Kesalahpahaman Terhadap Hoax

Kesalahpahaman terhadap Hoax di Indonesia

Kesalahpahaman terhadap Hoax. Ada yang menyebut Seword menyebarkan hoax. Ketika ditanyakan maksudnya, ternyata itu bukan hoax. Orang ini tidak memahami definisi hoax. Mereka juga tidak mengerti bedanya opini dengan news. Bahkan aktivis anti hoax, banyak juga yang tak terlalu memahami definisi hoax secara mendalam. Apapun yang mengandung kebohongan itulah hoax. Maka harus dibasmi.

Akhirnya, hoax diartikan sebagai kabar bohong belaka. Hoax sama dengan bohong, titik. Berat. Indonesia darurat segala hal.

Hoax tidak secara persis bisa diartikan bohong. Karena kebohongan dicela oleh moral. Sedangkan hoax tak selalu tercela. Hoax adalah trik pemalsuan yang dilakukan seseorang untuk menghasilkan kelucuan. Ini yang jika mengutip Nuredan menyebut sebagai literally hoax. Ketika ia disalahgunakan, maka akan berubah menjadi criminally hoax.

Hoax literal tak boleh dihukum. Stand up comedy menggunakan hoax ini. Mereka memang membuat trik kebohongan, tapi untuk melucu. Kasus marta(bak) yang menghebohkan itu mestinya bisa dicegah saat aparat memahami definisi ini. Bukan main bui pemroduksi hoaxnya.

Orang-orang memang harus diingatkan tentang bahaya criminally hoax, tapi juga diterangkan jenis literally hoax yang aman dikonsumsi. Meskipun memang ada bedebah yang menggunakan literally hoax sebagai criminally hoax. Tapi dari banyak kasus literally hoax berubah jadi criminally hoax itu karena penerimanya saja yang bodoh.

Mereka tidak tahu itu untuk lucu-lucuan, bahkan literally hoax itu kemudian diyakini sebagai fakta. Dibumbui dengan “sebarkan” dan takbir!

Segala sesuatu di luar definisi ini bukan hoax. Click bait bukan hoax, framing bukan hoax, misleading (dalam kadar tertentu) bukan hoax.

Kemudian yang perlu diingat kalau ketemu hoax, pastikan dulu jenisnya apa. Kalau criminally hoax ya harus dilawan. Kalau literally hoax ya jangan dibasmi. Selera humormu yang bermasalah, kau haramkan pula literally hoax. Edukasi dirimu sebelum sok jadi agen pembasmi hoax.

Maka kalau ada kampret yang menyebut Seword penyebar hoax ya saya maklumi. Padahal jelas-jelas di Seword itu akan diberikan sanksi jika ketahuan menyebarkan hoax. Kalau bertemu orang yang gemar pamer kebodohan macam ini saya ketawain aja. Ngotot juga percuma. Bodoh itu hak asasi, mosok saya larang? Sudah paham anak-anak? (Kajitow E)

About Anti Media

Kami mencoba membebaskan pikiran Anda. Tapi kami hanya menunjukkan pintunya. Anda sendiri yang harus berjalan melaluinya.

Check Also

Tirani Konsumerisme

Kebebasan Radikal vs Tirani-Tirani Bagian 2

Spiritualitas Kebebasan Radikal vs Tirani-tirani (2). Tirani Konsumerisme. Selamat malam semua, sesuai dengan janji saya …