Home / Internasional / Konflik Amerika Serikat dan Rusia
Konflik Amerika Serikat dan Rusia

Konflik Amerika Serikat dan Rusia

Konflik Amerika Serikat dan Rusia. Seakan mendapatkan momentum yang tepat sebagai polisi hak Asasi manusia sedunia, Trump bereaksi keras atas rezim Presiden Bashar al-Assad yang melakukan serangan senjata kimia di Douma Suriah yang menewaskan 70 orang. Namun sikap keras Trump dihadapi dengan keras juga oleh Rusia. Trump memerintahkan angkatan laut AS mengirim kapal induk USS Harry S Truman dengan rombongan kapal perang seperti USS Normandy, USS Arleigh Burke, USS Bulkeley, USS Forrest Sherman dan USS Farragut, kapal perusak, USS Jason Dunham dan USS The Sullivan, melakukan penyerangan ke Suriah. Pada waktu bersamaan dibalas juga oleh Rusia dengan mengirim kapal selam terlebih dahulu di jalur yang akan dilintasi oleh kapal perang AS. Juga melengkapi Suriah dengan Sistem rudal pertahanan udara S-400 R yang dikenal efektif menangkal serangan rudal AS.

Singkat kata, serangan AS terhadap Suriah itu artinya perang dengan Rusia. Dan tentu dibelakang Rusia asa China yang akan siap membantu. Ini akan jadi perang besar. Mungkinkah perang dunia ketiga akan meletus kembali ? Menurut saya, sikap AS bukanlah sikap yang by System seperti sikap Trump. Ini tak lain gaya kepemimpinan Trump untuk test the water. Sejauh mana keterlibatan Rusia di Suriah? Dan siapa saja yang akan berada satu barisan dengan Rusia. Makanya secara system sikap Trump yang terburu buru mengirim angkat laut ke Suriah tidak disikapi berlebihan oleh Pentagon.

Pentagon masih menunggu laporan intelijen soal kebenaran tuduhan serangan kimia di Douma. Dan juga Organisasi Larangan Senjata Kimia (OPCW) juga sedang dalam perjalanan ke Douma untuk melakukan penyelidikan. Jadi sikap Amerika Serikat tetap akan mengikuti kuridor PBB menyelesaikan masalah penggunaan senjata kimia itu. Kalau terbukti maka Suriah akan kena embargo dan dibawah pengawasan international. Basyar akan dikenakan hukum international. Tetapi sebetulnya sikap Rusia membela Suriah juga dengan alasan bahwa sebenarnya berita itu dibuat LSM White Helmets dan kelompok Jaish al-Islam yang didukung Barat dengan tujuan agar negara-negara Barat menyerang rezim Damaskus. Jadi hanya propaganda hoax dan anehnya bisa memancing ketegangan.

Entahlah. Yang jelas Trumps itu latar belakangnya adalah pengusaha dan juga Putin yang piawai bermain bersama pengusaha. Keduanya punya chemistry tak ingin ada perang sesungguhnya. Emang kalau perang bisa bisnis ? Namun konflik ini memang melahirkan rasa takut dan memaksa negara timur tengah meningkatkan anggaran belanja senjatanya. Dari sana uang mengalir dan menghidupkan pabrik senjata. Tidak ada yang perlu dikawatirkan perang dunia ketiga akan terjadi. Ini hanya perang urat Syaraf dan agendanya hanya bisnis ditengah pasar lesu … uang. (Bandaro EJ)

About Anti Media

Kami mencoba membebaskan pikiran Anda. Tapi kami hanya menunjukkan pintunya. Anda sendiri yang harus berjalan melaluinya.

Check Also

Solusi Palestina

Opsi Solusi Palestina atas Konflik dengan Israel

Solusi Palestina. Secara umum, ada dua jenis opsi yang ditawarkan para pemikir dan pengkaji Timteng …