Home / Agama / Kristen Cepirit
Kristen Cepirit
Kristen Cepirit

Kristen Cepirit

Anti Media Indonesia – Di setiap bencana, Sodara pasti mendengar ada orang berkata bahwa itu adalah kutukan atau hukuman dari tuhan. Kutukan itu terdengar di semua agama. Tidak hanya pada agama tertentu. Hari ini, seorang kawan menunjukkan pada saya, sebuah blog yang katanya diasuh oleh orang bernama Jim Solouki dan Martin Baker. Blog mereka berjudul keren: Creation Science Study.

Tentu saja, mereka tidak melakukan study atas penciptaan. Mereka membebek “kitab sucinya” untuk menolak teori evolusi. Dan orang-orang ini adalah pendukung Rick Santorum. Dia adalah bekas senator dari Pennsylvania yang gagal dalam pemilihan presiden Amerika di babak penyisihan pada tahun 2012. Santorum adalah seorang Katolik. Dia anti-aborsi, anti-gay, anti-orang miskin, lobbyist yang maha munafik. Dia memang punya platform yang menyenangkan kalangan kristen garis keras Amerika.

Nah, di blognya ini, Jim Solouki ternyata juga membahas tentang kecelakaan AirAsia penerbangan No. QZ8501. Argumennya persis sama seperti yang ditawarkan oleh fanatik agamis: bahwa bencana ini terjadi sebagai hukuman atas “dosa-dosa mereka”. Solouki bahkan tidak merasa perlu untuk menjelaskan siapa “mereka” itu. Dia langsung menunjuk kepada orang Indonesia, orang Malaysia.

Dengan gaya seperti ahli ilmu perbandingan politik (comparative politics) dia bertanya: Mengapa justru pesawat terbang dari Malaysia dan dari Indonesia yang hilang atau kecelakaan, namun bukan pesawat terbang yang lain? Lihatlah jawabannya: “The answer is simple! The Indonesian people are a heathen people! They failed to keep Christ in Christmas, and now Christ chose to not keep their airplane in the air!”. Orang Indonesia adalah orang-orang heathen alias kafir! Tentu Sodara akrab dengan istilah ini bukan?

Kemudian, dia lanjutkan, “God is striking down planes from this region of the world because these people are unwilling to embrace the Truth of Christ! If they would just embrace Jesus, then God would stop taking their planes! These people are ungodly heathens who are either Muslims, Buddhists, or Hindus. They worship in the jungle and reject Jesus! They are all going to burn in HELL unless they repent!”. Silahkan Sodara baca selanjutnya..

Saya menyebut mereka ini sebagai kristen cepirit. Sodara tahu cepirit? Itu adalah ampas yang keluar bersama kentut karena pencernaan Sodara tidak beres. Mereka adalah ampas yang keluar dari kehidupan beragama yang tidak beres dan tidak wajar. Kebanyakan mereka tidak mau mempelajari agamanya dengan sungguh-sungguh. Mereka bahkan tidak merasa perlu untuk ber-teologi. Mereka inilah yang sering disebut sebagai ‘born again,’ orang terlahir kembali lewat proses pertobatan. Seperti George W. Bush yang berawal dari alkoholik menjadi kristen fanatik.

Tidak sedikit dari mereka yang ‘born again’ (entah masih memeluk agama yang sama namun dengan versi yang lebih fanatik atau berkonversi ke agama lain) itu kemudian menyadari bahwa mereka bisa menjualbelikan kelahirannya kembali itu. Cukup banyak dari para konversan ini yang kemudian menjadikan kelahirannya itu jadi duit. Mereka berceramah dimana-mana, tampil di TV, membikin buku, membikin seminar ini dan itu … dengan harapan orang membayar untuk mengapresiasi cepirit itu.

Sekali lagi, saya tekankan, cepirit seperti ini ada dimana-mana. Tidak hanya dalam ke-kristen-an saja. Dia adalah fenomena hidup beragama. Ya demikianlah.

About Anti Media

Kami mencoba membebaskan pikiran Anda. Tapi kami hanya menunjukkan pintunya. Anda sendiri yang harus berjalan melaluinya.

Check Also

Islam dan Terorisme

Hubungan Agama Islam dan Terorisme

Hubungan Agama Islam dan Terorisme. Apakah Islam menjadi sumber ajaran terorisme? Ya. Buktinya sederhana, yaitu …