Home / Internasional / Mengenang Perjuangan Hajj Radwan
Hajj Radwan

Mengenang Perjuangan Hajj Radwan

Hajj Radwan. Nama ini mungkin asing bagi sebagian dari kita. Namun ia melekat erat di benak para penentang imperialisme Washington.

Imad Fayez Mughniyeh, adalah nama asli beliau.

Hari ini, 10 tahun yang lalu, Mossad dan CIA meledakkan bom mobil di Syria yang merenggut nyawanya.

Rencana pembunuhan beliau begitu rumit dan sulit, yang kemudian setelah dibeberkan, menjadi inspirasi bagi banyak film Hollywood.

Tak tanggung, bom spesial yang dirakit di North Carolina, AS – khusus didatangkan ke Syria, dipasang melingkar dalam ban serep mobil Hajj Radwan, setelah bertahun-tahun upaya pelacakan.

Bagi CIA dan Mossad, urusan dengan Hajj Radwan, bukan hanya soal politik. Mereka memiliki dendam kesumat yang membara pada beliau.

Rekam-jejak yang dituduhkan neocon pada beliau, cukup berdarah. Hajj Radwan, adalah momok bagi intel dan tentara asing, baik AS, israel maupun Soviet.

Gelimpangan serdadu dan agen spionase AS dan sekutunya, menjadi argumen neocon untuk membidiknya, meski tantangan Sayyed Hassan Nasrallah untuk membuktikannya, tak sekalipun dijawab.

Di masa mudanya, Hajj Radwan adalah salah seorang anggota pasukan khusus yang mengawal Yasser Arafat. Beliau juga dikenal memiliki hubungan dekat dengan Qassem Soleimani, komandan IRGC.

Kepintaran dan kemampuannya, diakui sendiri oleh musuh-musuhnya. Ia termasuk salah satu yang membangun Hezbollah menjadi kekuatan mumpuni, tak hanya di bidang militer, namun ekonomi dan yang paling penting, spionase.

Kemampuan infiltrasi dan tempur Hezbollah yang meningkat drastis, merupakan diantara peran dari Hajj Radwan, yang membuatnya menjadi figur penting untuk dilenyapkan.

Beberapa tahun sebelumnya, CIA dan Mossad sudah berulangkali mencoba membunuh beliau. Kedua saudaranya, Fouad dan Jihad, menjadi korban percobaan pembunuhan ini.

Untuk mengukur betapa pentingnya beliau, CIA dan Mossad sampai berseteru saling klaim tentang siapa yang membunuh Hajj Radwan.

Ini juga membuka lembaran sejarah, saat data intelijen, digelar ke publik demi perebutan kebanggaan dua entitas paling keji di muka bumi itu.

Kesyahidan beliau, dimaksudkan untuk melemahkan semangat perlawanan Hezbollah – selain menuntaskan dendam kesumat neocon selama beberapa dekade.

Namun, apa daya. Hajj Radwan, malah menjadi legenda.

Fatihah dan shalawat untuk beliau. (Baseem, B)

About Anti Media

Kami mencoba membebaskan pikiran Anda. Tapi kami hanya menunjukkan pintunya. Anda sendiri yang harus berjalan melaluinya.

Check Also

Solusi Palestina

Opsi Solusi Palestina atas Konflik dengan Israel

Solusi Palestina. Secara umum, ada dua jenis opsi yang ditawarkan para pemikir dan pengkaji Timteng …