Home / Internasional / Pembelajaran Dari Fakta Vladimir Putin
Fakta Vladimir Putin

Pembelajaran Dari Fakta Vladimir Putin

Pembelajaran Dari Fakta Vladimir Putin. Kisah seram kekuasaan partai komunis USSR ( Rusia) adalah bagaimana kekuasaan itu dibangun dengan kekuatan inteligen ( KGB – Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnost, Komisi Keamanan Negara). Ada istilah bahwa dinding bisa melihat dan mendengar. Ketawa pun bisa mati bila yang ditertawakan adalah penguasa. Siapa saja pembangkang politik maka tidak sampai lama akan dijemput dirumah dan tak akan pernah pulang lagi. Begitu seramnya kisah masa lalu Rusia dibawah rezim komunis. Nah ketika USSR bubar karena reformasi politik, rakyat Rusia tak ingin kembali mengulang kesalahan masa lalunya. Bahkan beberapa negara bagian memisahkan diri dari USSR. Seakan trauma kekuasaan masa lalu tak bisa hilang sampai mereka memisahkan diri dari oknum penguasa yang masih menjadi lingkaran elite politik.

Vladimir Vladimirovich Putin, adalah salah satu mantan agen KGB yang menjadi motor kekuasaan komunis Soviet. Dia berkarir sebagai intel KGB selama 16 tahun dengan pangkat terakhir letnan Kolonel. Jago bela diri Yudo. Paska bubarnya USSR , Putin tidak meratapi kekuasaan yang dikalahkan oleh zaman pembaharuan. Tidak melarikan diri keluar negeri. Putin menyadari bahwa perubahan adalah keniscayaan dan dia harus berdamai dengan kenyataan. Caranya ? Dia pulang kampung ke St Petersburg menemui sahabatnya yang pernah satu kampus , Anatoly Sobchak. Dari Anatoly dia mendapat kerjaaan sebagai asisten walikota St Petersburg tahun 1994. Pekerjaan ini memungkinkan dia mampu mengembangkan potensi dirinya sebagai pemikir dan analis poltik hebat.

Mulai pada saat itu, karir politik Putin terus menanjak. Dia mendapat banyak rekomendasi, mulai dari sebagai pejabat administrasi kepresidenan, kepala Ferderal Security Bureau (FSB) serta sebagai perdana menteri Rusia pada Agustus 1999. Jadi proses sampai Putin kembali ke puncak tidak dengan pencitraan atau beriklan bertahun tahun tetapi memalui pembuktian diri ditengah masyarakat yang sedang berubah. Dan akhirnya orang banyak bisa melupakan masa lalunya yang mantan agen intel yang paling kejam di dunia. Terbukti ketika menjelang awal tahun 2000, Boris Yeltsin mengundurkan diri dari jabatan kepresidenan dan menunjuk Putin sebagai presiden sementara Rusia. Saat itulah dia membangun pengadaan rumah besar besaran bagi rakyat Rusia sebagai bagian dari program stimulus ekonomi paska krisis ekonomi. Rakyat terkejut bagaimana mulianya ia kepada rakyat yang sebelumnya tak pernah terbayangkan ada di Rusia.

Putin pun mampu mendongkrak ekonomi Rusia ditengah keterpurukan paska reformasi politik. Pada pemilihan presiden tanggal 26 Maret 2000, Putin memperoleh suara sebanyak 52.95% dari jumlah pemilih. Secara resmi Putin menjabat sebagai presiden Rusia pada tanggal 7 Mei 2000. Memang Putin menang tipis dan dia sadar bahwa masih ada sebagian rakyat yang masih trauma dengan sejarah masa lalunya. Tetapi ini dijadikan pemicu baginya untuk berkerja keras membuktikan kepada rakyat bahwa dia pemimpin yang seharusnya diharapkan oleh rakyat. Kinerja dalam pembangunan ekonomi telah menempatkan Rusia sebagai negara berpengaruh didunia International dan membuat lawan politiknya kehilangan retorika dan issue untuk menyudutkannya. Dan sampai kini Putin semakin besar kekuasaannya di Rusia. Dan itu bukan karena pencitraan tetapi memang dirasakan oleh rakyat Rusia.

Kisah karir politik Putin adalah pembelajaran bagi kita semua bahwa seburuk apapun masa lalu kita itu tidak akan ada dampaknya di masa depan bila hari ini kita berusaha memperbaiki diri. Semua orang punya jalan hidupnya masing masing dan tidak ada orang yang sempurna. Sukses menjadi pemimpin tidak didapat dengan instant hanya lewat Iklan bertahun tahun. Tetapi lewat proses berlelah dan berkorban ditengah masyarkat sebagaimana Jokowi membuktikan itu di Solo dan DKI. Seharusnya Prabowo menggunakan kesempatan ketika memimpin HKTI untuk membuat petani berdaya dan makmur. Kalaulah PS gunakan kesempatan itu dengan baik lewat kerja keras tentu tidak sulit bagi dia untuk memenangkan Pilpres tahun 2008 dan 2014. Orang banyak pasti melupakan masa lalunya …Tetapi PS sibuk beriklan saja… (Bandaro EJ)

About Anti Media

Kami mencoba membebaskan pikiran Anda. Tapi kami hanya menunjukkan pintunya. Anda sendiri yang harus berjalan melaluinya.

Check Also

Solusi Palestina

Opsi Solusi Palestina atas Konflik dengan Israel

Solusi Palestina. Secara umum, ada dua jenis opsi yang ditawarkan para pemikir dan pengkaji Timteng …