Home / Politik / Sertifikat Tanah Gratis, Program Cerdas Jokowi
Sertifikat Tanah Gratis

Sertifikat Tanah Gratis, Program Cerdas Jokowi

Sertifikat tanah gratis! Program Cerdas Pro Wong Cilik. Banyak yang tidak begitu “ngeh” dan sedikit yang membahas tentang program yang sangat luar biasa. Ini adalah salah satu program cerdas, wujud kepedulian Bung Presiden Joko Widodo yang begitu besar pada negara dan rakyatnya.

Yang harus diketahui bahwa:

– Program ini jelas mengurangi kasus sengketa lahan/tanah yang teramat sering terjadi hampir diseluruh pelosok negeri. Sengketa lahan sudah begitu banyak memakan korban jiwa, pertikaian/konflik dan membuat puluhan ribu petani miskin tergusur dari ladangnya baik yang karena kalah dipersidangan atau diusir paksa oleh pengusaha kaya karena tidak memiliki bukti yang sah atas kepemilikan lahan tersebut, karena umumnya para petani mendapatkan lahannya secara turun temurun.

– Program ini untuk melancarkan target pembangunan yang dilakukan oleh negara. Sering kali terjadi, proyek pembangunan terutama infrastruktur (jalan, waduk, pelabuhan, bandara dan lain-lain) harus terhenti karena kendala pembebasan lahan. Perselisihan yang terjadi antara pemerintah dengan masyarakat umumnya masalah legalitas, harga dan luas lahan.

– Program ini sangat membantu masyarakat yang ingin membuka atau memperluas usaha. Dengan memiliki sertifikat lahan masyarakat memiliki jaminan guna mengajukan kredit untuk mendapatkan modal usaha.

– Program ini pastinya sangat membantu masyarakat miskin yang tidak memiliki biaya untuk membuat sertifikat (yang rumit dan mahal) sebagai bukti sah atas kepemilikan lahannya.

– Program ini memiliki target 60 juta sertifikat dari total 126 juta yang akan selesai dibagikan secara gratis pada tahun 2025. Lho koq lama? Justeru ini sangat cepat, karena sebelum Bung Jokowi berkuasa, Badan Pertanahan Nasional (BPN) hanya menerbitkan 400-500 ribu sertifikat pertahun. Jika mengikuti pola lama entah berapa ratus tahun seluruh rakyat baru bisa menerima sertifikat.

Jadi bila Pak Amien Rais menyatakan harus mewaspadai program pembagian sertifikat gratis ini, justeru kita yang harus mewaspadai Pak Amien Rais jangan-jangan di belakangnya banyak berdiri pengusaha kaya yang merasa terganggu kepentingannya dengan program Bung Jokowi yang sangat Pro rakyat kecil ini. Kalau soal ngibul, kita semua sudah tahulah siapa yang tukang ngibul. Janji jalan kakinya mana? (Valentino A)

About Anti Media

Kami mencoba membebaskan pikiran Anda. Tapi kami hanya menunjukkan pintunya. Anda sendiri yang harus berjalan melaluinya.

Check Also

Oposisi Tidak Menjanjikan Apa Apa

Oposisi Tidak Menjanjikan Apa Apa

Oposisi Tidak Menjanjikan Apa Apa. Hal yang sulit dipahami adalah tidak pernah kubu oposisi memberikan …