Home / Politik / Sukses NTB Berkat Dukungan Real Politik Jokowi
Sukses NTB dalam Ranah Politik

Sukses NTB Berkat Dukungan Real Politik Jokowi

Sukses NTB. Semua tahu bahwa NTB dalam pemilu 2014 sebagian besar ( 70%) tidak memilih Jokowi tetapi memilih pasangan Prabowo-Hatta. Gubernur TGB juga berasal dari Partai Demokrat yang sebelumnya PBB. Tetapi apakah setelah itu Jokowi membelakangi NTB atau cuekin ? tidak. Justru perlakukan Jokowi kepada NTB seperti anak emas sama dengan Papua. Daerah ini punya tambang emas tetapi rakyatnya masih miskin dan termasuk termiskin di Indonesia. Banyak wanita jadi TKW di luar negeri. Selama Jokowi berkuasa sudah tiga kali dia berkunjung ke NTB. Dia melihat fakta lapangan untuk menemukan solusi atas masalah ekonomi NTB dan sekaligus memberikan motivasi kepada masyarakat NTB untuk bekerja keras dengan focus kepada Pertanian dan Pariwista.

Sejak Jokowi berkuasa, kebijakan mendasar yang berdampak kepada ekonomi rakyat NTB adalah naiknya harga jagung sehingga petani bergairah menanam Jagung dan kini over production untuk di ekspor. Bukan itu saja, NTB juga surplus beras. Disamping itu semua anggota kabinet dan BUMN diminta ikut mengkampanyekan NTB sebagai tujuan Wisata. Kawasan WIsata Mandalika yang mangkrak berpuluh tahun dapat di realisasikan oleh Jokowi. Apa yang terjadi ? dalam tiga tahun ekonomi NTB tumbuh pesat. Bahkan tidak terbayangkan ini bisa terjadi di era sebelumnya. Tahun 2017 pertumbuhan ekonomi NTB mencapai 7,1 persen melampaui pertumbuhan ekonomi Indonesia yang 5,6 persen. Dan hebatnya sektor pertambang hanya menyumbang 19 persen .Sebelumnya sektor pertambangan mendominasi tetapi tidak ada kontribusi significant bagi NTB karena sebagian besar masuk ke pusat.

Apakah petumbuhan itu semu ? tidak. Karena pertumbuhan itu memang berasal dari ekonomi rakyat. Maka kesejahteraan masyarakat, NTB juga mengalami perbaikan. Tingkat kemiskinan NTB menurun dari 23,08 persen di 2008 menjadi 15,05 persen periode 2017. Tingkat pengangguran juga menurun dari 6,25 persen di tahun 2009 menjadi 3,32 persen di tahun 2017. Sementara untuk laju inflasi di tahun 2017 sebesar 3,7 persen, lebih rendah dari target 4 plus minus 1 persen. Sangat luar biasa. Tanpa dukungan luar biasa dari Jokowi memberikan alokasi dana untuk perbaikan ekonomi NTB rasanya nasip NTB tidak akan berubah.

Untuk prospek ke depan, perekonomian NTB diprediksi akan semakin kuat. Salah satunya dikarenakan investasi pembangunan yang sedang marak dilakukan, seperti Kawasan Eonomi Khusus (KEK) Mandalika dan pembangunan Pelabuhan Gili Mas. Dan ini benar benar dukungan politik real Jokowi terhadap NTB walau dia sendiri tahu rakyat NTB bukan pemilihnya. Justru yang dapat nama Gubernurnya. Apakah Jokowi merasa kecewa. Tidak. Dia membangun karena Tuhan dan mempriooritas daerah yang terbelakang adalah bagian dari agendanya sebaga presiden.

(Bandaro EJ)

About Anti Media

Kami mencoba membebaskan pikiran Anda. Tapi kami hanya menunjukkan pintunya. Anda sendiri yang harus berjalan melaluinya.

Check Also

Oposisi Tidak Menjanjikan Apa Apa

Oposisi Tidak Menjanjikan Apa Apa

Oposisi Tidak Menjanjikan Apa Apa. Hal yang sulit dipahami adalah tidak pernah kubu oposisi memberikan …