Home / Politik / Tentang Mei 1998 di Indonesia
Mei 1998

Tentang Mei 1998 di Indonesia

Mei 1998. Teman saya etnis China kalau diajak berbicara tentang peristiwa Mei 1998 dia akan memilih menghindar. Seakan masa gelap yang tak ingin dia ingat selamanya. “ Biarlah itu jadi masa lalu. Politik itu jahat. Sejarah politik memang tidak jauh dari darah dan air mata sesal. Namun mau gimana lagi? untuk lahirnya sebuah konsesus baru, politik kadang tidak ramah” katanya. Etnis Tionghoa seakan selalu jadi korban sejarah Post independent negeri ini. Dulu juga Hitler menciptakan musuh bersama kepada etnis minoritas Yahudi demi retorika bangsa Arya bangsa terbaik. Tekanan politik membuat etnis minoritas menjadi militan untuk bertahan tanpa ada mengeluh. Dalam diam dan doa mereka menghadapi tekanan ketidakadilan politik. Bagaimanapun mereka adalah anak bangsa yang lahir dari rahim ibu pertiwi.

Andaikan chaos sosial yang menimbulkan kerugian materi dari etnis china dan korban kemanusiaan itu tidak terjadi maka gerakan total reformasi seperti sayur tanpa garam. Dan setelah semua tujuan tercapai ada, yang pesta kemenangan, ada yang tetap dalam duka karena rumah terbakar, keluarga diperkosa, ada yang menemui ajal. Semua itu harga yang harus dibayar demi tujuan politik menjatuhkan sang diktator. Kini kita punya harapan seiring datangnya angin reformasi. Setidaknya diera sekarang kita bisa bebas bicara tanpa takut dijemput aparat untuk dipenjara. Berdakwah ditempat ibadah tak lagi sensor.

Tak terasa 20 tahun berlalu sudah. Sejak mahasiswa mendobrak gerbang DPR. Sejak asap hitam membumbung awan jakarta. Kita kini masih belum bisa sepenuhnya berdamai diatas perbedaan. Kebencian dan amarah masih menyelimuti awan demokrasi. Namun akan selalu ada harapan bahwa bagaimanapun kita terlahir dari keberagaman dan itulah kekuatan kita sesungguhnya. (Bandaro EJ)

About Anti Media

Kami mencoba membebaskan pikiran Anda. Tapi kami hanya menunjukkan pintunya. Anda sendiri yang harus berjalan melaluinya.

Check Also

Oposisi Tidak Menjanjikan Apa Apa

Oposisi Tidak Menjanjikan Apa Apa

Oposisi Tidak Menjanjikan Apa Apa. Hal yang sulit dipahami adalah tidak pernah kubu oposisi memberikan …